PERKENALAN DENGAN KOMPUTER


perkenalan dengan Komputer
Di artikel ini
Apa itu komputer?
Jenis-jenis komputer
Apa yang bisa Anda lakukan dengan komputer?
Anda baru mengenal komputer? Ingin tahukah Anda apa yang dilakukannya dan mengapa Anda perlu menggunakannya? Selamat datang—Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini menyediakan gambaran sekilas tentang komputer: Apakah itu komputer, jenis-jenisnya, dan apa yang bisa Anda lakukan dengannya.
Apa itu komputer?
Komputer adalah mesin yang melakukan tugas atau perhitungan menurut sekumpulan instruksi, atau program. Komputer elektronik pertama, yang diperkenalkan di tahun 1940-sebuah, adalah mesin raksasa yang memerlukan sekumpulan orang untuk menjalankannya. Dibanding mesin di saat itu, komputer masa kini sungguh menakjubkan. Tidak hanya ribuan kali lebih cepat, mereka juga bisa ditaruh di atas meja, di pangkuan, atau bahkan di saku Anda.
Komputer bekerja melalui interaksi antara peranti keras dan peranti lunak. Peranti keras mengacu pada komponen suatu komputer yang bisa Anda lihat dan sentuh, termasuk kotak dan segala yang ada di dalamnya. Bagian peranti keras yang terpenting adalah chip persegipanjang kecil di dalam komputer yang dinamakan Unit Pemrosesan Pusat (CPU), atau mikroprosesor. Itu adalah “otak” dari komputer Anda—komponen yang menerjemahkan instruksi dan melakukan perhitungan. Barang-barang peranti keras seperti monitor, papan tombol, tetikus, pencetak, dan komponen lainnya sering disebut perangkat peranti keras, atau perangkat.
Peranti lunak mengacu pada instruksi, atau program, yang memberitahu peranti keras apa yang harus dilakukan.) Program pemrosesan kata yang dapat Anda gunakan untuk menulis surat di komputer Anda adalah sejenis peranti lunak. Sistem operasi (OS) adalah peranti lunak yang mengatur komputer dan peranti Anda untuk tersambung kepadanya.Windows adalah sebuah sistem operasi yang dikenal dengan baik.

ENIAC
Diperkenalkan di tahun 1946, ENIAC (Integrator Numerik Elektronik dan Komputer) adalah komputer elektronik pertama untuk keperluan umum. Dikembangkan untuk militer Amerika Serikat untuk menghitung lintasan artileri. Dilihat dari fisiknya, ENIAC sangat besar, beratnya lebih dari 27.000 kilogram (60.000 pon) dan menghabiskan satu ruang besar. Untuk mengolah data, ENIAC menggunakan sekitar 18.000 tabung vakum, masing-masing seukuran bolam kecil. Tabung ini mudah terbakar dan harus sering diganti.

Jenis-jenis komputer
Ukuran dan kemampuan komputer sangat beragam. Pada salah satu ujungnya adalah superkomputer, komputer yang sangat besar dengan ribuan mikroprosesor yang saling terkait yang melakukan perhitungan yang sangat rumit. Di ujung lainnya adalah komputer mini yang tertanam pada mobil, TV, sistem stereo, kalkulator, dan peralatan. Komputer ini dikembangkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.
Komputer pribadi, atau PC, dirancang untuk dipergunakan oleh satu orang pada satu saat. Bagian ini menerangkan tentang berbagai jenis komputer pribadi: desktop, laptop, komputer genggam, dan PC Tablet.
Komputer desktop
Komputer desktop dirancang untuk dipergunakan di atas meja. Biasanya lebih besar dan lebih canggih dibanding jenis komputer pribadi lainnya. Komputer desktop terbuat dari beberapa komponen yang terpisah. Komponen utamanya, yang dinamakan unit sistem, biasanya berupa kotak persegipanjang yang ditaruh di atas atau di bawah meja. Komponen lainnya, seperti monitor, tetikus, dan papan tombol, dihubungkan ke unit sistem.

Komputer desktop
komputer laptop dan PC notebook kecil
Komputer laptop adalah PC bergerak ringan dengan layar tipis. Laptop bisa dioperasikan dengan baterai, sehingga bisa dibawa ke manapun. Tidak seperti desktop, laptop menggabungkan CPU, layar, dan papan tombol di dalam satu kotak tunggal. Layar dilipat pada papan tombol ketika tidak sedang digunakan.
PC notebook kecil (biasa diacu sebagai mini-notebook), kecil, laptop yang terjangkau yang bisa melakukan tugas yang terbatas. Mereka biasanya kurang canggih dibanding laptop, jadi biasanya digunakan untuk menjelajah web dan periksa e-mail.

komputer laptop dan PC notebook kecil
Ponsel pintar
Ponsel pintar adalah ponsel yang memiliki kemampuan seperti komputer. Anda bisa menggunakan ponsel pintar untuk membuat sambungan telepon, akses internet, mengatur informasi kontak, mengirim e-mail dan pesan teks, memainkan permainan, dan mengambil gambar. Ponsel pintar biasanya memiliki papan tombol dan layar besar.
Ponsel pintar
Komputer genggam
Komputer genggam, juga dinamakan Asisten Personal Digital (PDA), adalah komputer bertenaga baterai yang cukup kecil untuk dibawa ke manapun. Meskipun tidak secanggih desktop atau laptop, komputer genggam berguna untuk menjadwalkan janji-temu, menyimpan alamat dan nomor telepon, dan memainkan permainan. Beberapa memiliki kemampuan yang lebih canggih, seperti melakukan panggilan telepon atau mengakses Internet. Sebagai pengganti papan tombol, komputer genggam memiliki layar sentuh yang Anda gunakan dengan jari tangan atau stylus (alat penunjuk berbentuk pena).
Komputer genggam
PC Tablet
PC Tablet adalah PC bergerak yang menggabungkan fitur dari laptop dan komputer genggam. Seperti laptop, komputer ini canggih dan memiliki layar yang tertanam. Seperti halnya komputer genggam, ia memungkinkan Anda menulis catatan atau melukis gambar pada layar, biasanya dengan pena tablet sebagai pengganti stylus. Ia juga bisa mengonversi tulisan tangan menjadi teks yang terketik. Beberapa PC Tablet “bisa dikonversi” dengan layar yang bisa diputar dan dibentangkan untuk memperlihatkan papan tombol di bawahnya.
PC Tablet
Apa yang bisa Anda lakukan dengan komputer?
Di tempat kerja, banyak orang menggunakan komputer untuk menyimpan catatan, menganalisa data, melakukan penelitian, dan mengelola proyek. Di rumah, Anda bisa menggunakan komputer untuk menemukan informasi, menyimpan gambar dan musik, menelusuri keuangan, memainkan permainan, dan berkomunikasi dengan orang lain—dan itu hanya beberapa kemungkinan yang ada.
Anda juga bisa menggunakan komputer untuk tersambung ke Internet, suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Akses Internet dengan membayar biaya bulanan di sebagian besar kawasan perkotaan, dan semakin meningkat, di kawasan berpenduduk jarang. Dengan akses Internet, Anda bisa berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia dan menemukan sangat banyak informasi.
Berikut adalah beberapa hal terpopuler yang bisa dilakukan dengan komputer:
Web
World Wide Web (biasanya dinamakan sebuah web, atau web) adalah gudang informasi raksasa. Web adalah bagian Internet yang terpopuler, sebagian dikarenakan ia menampilkan sebagian informasi dalam format visual yang menarik. Judul berita, teks, dan gambar bisa dikombinasikan pada satu halaman web—seperti halaman pada sebuah majalah—bersama dengan suara dan animasi. Situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan. Web memuat jutaan situs web dan milyaran halaman web.
Contoh halaman web (Microsoft Game Studios)
Menjelajahi web berarti mengeksplorasinya. Anda bisa menemukan informasi tentang hampir semua topik yang bisa dibayangkan pada web. Sebagai contoh, Anda bisa membaca berita dan tinjauan film, memeriksa jadwal maskapai penerbangan, melihat peta jalan, mendapatkan ramalan cuaca untuk kota Anda, atau meneliti kondisi kesehatan. Sebagian besar perusahaan, agen, museum, dan perpustakaan memiliki situs web yang memuat informasi tentang produk, layanan, atau koleksinya. Sumber rujukan, seperti kamus dan ensiklopedia, juga tersedia secara luas.
Web juga merupakan surga belanja. Anda bisa menjelajah dan membeli produk—buku, musik, mainan, pakaian, elektronik, dan masih banyak lainnya—di situs web para pengecer umumnya. Anda juga bisa membeli dan menjual barang bekas melalui situs web yang memanfaatkan penawaran bergaya lelang.
e-mail
E-mail (singkatan dari surat elektronik) adalah cara mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ketika Anda mengirim suatu pesan e-mail, pesan tersebut tiba hampir seketika di kotak-masuk e-mail si penerima. Anda bisa mengirim e-mail ke banyak orang secara bersamaan, dan Anda bisa menyimpan, mencetak, dan meneruskan e-mail ke orang lain. Anda bisa mengirimkan hampir segala jenis berkas didalam pesan e-mail, termasuk berkas dokumen, gambar dan musik. Dan dengan e-mail, Anda tidak memerlukan perangko!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan e-mail, lihat Memulai e-mail.
Pesan instan
Pesan instan adalah seperti melakukan percakapan waktu nyata dengan orang lain atau sekelompok orang. Ketika Anda mengetik dan mengirim suatu pesan instan, pesan tersebut langsung bisa dilihat oleh semua peserta. Tidak seperti e-mail, semua peserta harus daring (tersambung ke Internet) dan berada di depan komputer mereka pada saat yang sama. Berkomunikasi dengan menggunakan pesan instan dinamakan berbincang.
Gambar, musik, dan film
Jika Anda mempunyai kamera digital, Anda bisa memindahkan gambar dari kamera ke komputer. Lalu Anda bisa mencetaknya, membuat peragaan slide, atau berbagi dengan orang lain melalui e-mail atau dengan memajangnya pada suatu situs web. Anda juga bisa mendengarkan musik pada komputer, baik dengan mengimpor musik dari CD audio atau membeli musik dari suatu situs web musik. Atau, menyimak satu dari ribuan stasiun radio yang melakukan siaran melalui Internet. Jika komputer Anda dilengkapi pemutar DVD, Anda bisa menonton film.
Permainan.
Anda suka memainkan permainan? Ribuan permainan komputer dalam semua kategori yang bisa dibayangkan tersedia untuk menghibur Anda. Berada di belakang kemudi mobil , memerangi makhluk mengerikan di ruang bawah tanah, atau mengendalikan peradaban dan kekaisaran! Banyak permainan yang memungkinkan Anda bersaing dengan pemain lain dari seluruh dunia melalui Internet. Pada Windows disertakan beragam permainan kartu, permainan teka-teki, dan permainan strategi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s