Novel Inspirasi-Inspirasi Insting part2 (Gema Cinta Rindu Tiada Ujung)


Gema Cinta Rindu Tiada Ujung
Pagi-pagi ketika aku datang dan baru sampai di kelas tapi pagi itu sudah agak siang yaitu sekitar jam tujuh kurang tiga menit. Aku masuk ke kelas agak siang karena tadi mampir dulu di musholla untuk shalat Dhuha. Kelas begitu ramai sekali karna ada kabar yang agak menggemparkan walaupun aku belum mengerti kabar apa yang sedang dibicarakan.
Mereka bilang “cie-cie ada pasangan baru ni e . . . . ., hidup baru dengan pasangan baru!!! Cinta itu emang indah hingga orang alim pun ikut tertarik dalam cinta nan indah itu.”
Kemudian teman sebangku ku yang bernama Anam berkata pada ku
“Din, hari ini ada yang sangat berbahagia din.”
“Bahagia napa ae?” tanyaku balik karena penasaran.
“Wis to mesti ono yang berbahagia”1 jawabnya meyakinkanku.
“lha terus beritanya apa ae, aku belum mengerti maksudmu.”
“He . . . ntar pasti kamu akan tahu sendiri” jawabnya yang malah menambah aku penasaran.
“Ow yo wis lah nak ngono”2 jawab ku pasrah. Dan kemudian bel masuk pelajaran pun berdering.
Pelajaran pun dimulai dan murid sudah menuju ke ruangan masing-masing karena pada jam itu yaitu jam pelajaran ketrampilan. Jadi yang ikut ketrampilan otomotif menuju ke ruang otomotif yang ada di dekat ruang BK, yang ikut Bahasa Jerman menuju ke ruang Bahasa yang terletak di samping kanan ruang Lab. Biology atau di depan lapangan basket, serta yang ikut ketrampilan menjahit menuju ke ruang jahit dan kalau aku ikut akuntansi dan tetap berada di kelas.
1 Pokoknya ada yang berbahagia.
2 Ow ya udah kalau begitu.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Sekitar jam tujuh lebih enam menit Guru Akuntansi datang, dan beliau memulai pelajaran dengan berdoa bersama-sama. Dan pelajaran pun dimulai. Kami menyebut pelajaran ini dengan pelajaran seni menulis. Karena dalam hal ini seni yang ditunjukkan adalah seni menulis, ketelitian dan kesabaran. Jika kamu memasukkan sedikit kesalahan dalam hal akuntansi maka sampai akhir pasti hasilnya salah besar. Jadi perlu ketelitian juga kesabaran.
Pelajaran akuntansi dalam kelasku termasuk pelajaran yang santai dan relax. Karena dalam hal ini gurunya tidak mengejar target kurikulum tetapi membuat murid agar benar-benar bisa belajar akuntansi dengan senang hati. Jadi kami waktu belajar akuntansi bercanda pun tidak apa. Sesudah guru akuntansi memberikan soal, terus kami mengerjakan soal itu. Biasa, mengerjakan soal sambil ngerumpi, tetapi ngerumpinya yang tertib dan tidak mengganggu pejalanan belajar para pelajar lainnya.
Ketika itu gurunya keluar tidak tau kemana. Karena setiap sesudah memberikan soal, pasti guru itu keluar. Mungkin karena terlalu lama menunggu kami mengerjakan soal akuntansi. Karena untuk mengerjakan soal akuntansi membutuhkan waktu yang cukup lama, karena butuh kesabaran dan ketelitian extra. Dan kemudian aku bertanya pada Anam :
“Nam, tadi ada apa ae?”
“Tadi kan aku sudah bilang ada orang yang sedang berbahagia?”
“Siapa orangnya? Dan karena hal apa? Terus kok bisa?” tanya ku penasaran sambil ku hentikan gerak tanganku yang sedang mengerjakan tugas.
“Kamu tu tanya apa kemu? He !!! “3 jawabnya sambil tertawa.
“Tenanan iki4 da apa ae?”
“Sut . . . . tau gak mbak Za lagi punya Yang5 baru, tapi jangan beritahu lainnya ya! Soalnya nanti aku takut kalau dimarahi mbak Za” jawabnya sambil berbicara pelan-pelan.
3 Kamu tu bertanya atau berkumur?
4 Beneran ini
5 Kekasih/pacar
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Mbak Za? Mbak Za siapa? Punya baru?”tanya ku lagi kerena penasaran dan belum mengerti apa yang dimaksud.
“Aduh-duh . . . emang sulit ngomong sama orang alim kaya kamu Din. Mbak Za . . mbak Za? Maksud ku mbak Zahwa. Sekarang ia sudah punya kekasih baru bro . . . . “ jawab anam sambil menunjukkan Zahwa dengan bolpoinnya.
“Kekasih baru ? emang siapa? Bukannya Zahwa itu jomblo?”
“Aduh . . . . din. . .din. . .Kamu itu bagaimana sih? Yang namanya sudah punya kekasih baru ya sudah tak jomblo lagi lah, masak sudah punya pasangan baru masih kau anggap jomblo!! Iha . . . kamu tu!” jawabnya yang bermuka agak melas karena meladeni pertanyaanku yang tak mengerti-mengerti.
“Kan aku gak tau to nam. Terus pasangan barunya itu siapa?” tanya ku lagi pada Anam.
“Kamu belum tau din? A . . . Jadi kamu dari tadi belum mengerti atas fenomena-fenomena alam yang sudah ada? Aduh . . .din . . din. Ya udah aku kasih tau ya . . . suut. . . . pasangan barunya Mbak Za sekarang adalah . . . . hemm . . . Ali-ali” ia memberi tahuku.
“Mosok ? Tenane ?”6 tanyaku lagi tak percaya.
“Kandani7 kok gak percaya? Aku bohongi kamu apa untungnya ae? Kamu gak percaya kan bahwa pak Dhe atau Ali itu menembak Mbak Za. Lha wong aku sebelumnya juga gak percaya kok. Tadi malam tu mbak Za sms aku, ia bilang bahwa ia sudah tidak sendiri lagi. Kemudian ya aku telusuri!!!, Tak pancing, terus ngaku!! Ha . . . dan ternyata yang menembak adalah Pak dhe Ali.”
“Masak ae? . . . yakin ow aku gak percaya kalau pak dhe itu sampai berani begitu. Lha wong kemarin bilang ama aku gak berani pacaran dulu ae. Kok sekarang malah gitu. Tak kira8 sih alim, tapi weedyan …! . Mukanya bisa memanipulasi aku ae.” Aku bicara pada rizal karena heran dan tak percaya akan berita tersebut.
6 Masak? Beneran ?
7 Di beritahu
8 Aku kira
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Yo karek kuwe lah din-din9, mau percaya atau tidak!!” jawabnya yang pasrah dan bermuka melas karena melihat aku yang tak percaya akan ceritanya.
“Ya udah kalau begitu. Emang cinta itu benar-benar hebat. Hingga orang sealim Pak Dhe Ali pun ikut tertaut dalam cinta yang mengagumkan. Kalau aku ini sih cet . . .yo yo belum pernah merasakan yang namanya Cinta, apalagi sampai pacaran. Sungguh melas nasibku cet . . .”
“Ya itu nasib mu, wis to santai wanita di dunia itu banyak. Cari besuk-besuk bisa, pasti dapat!. Soalnya perbandingan laki-laki ama perempuan itu banyak perempun. Jadi santai lah din” Jawabnya tenangkan ku.
“Ya emang gitu . . . aku juga gak berani pacaran dulu. Masih takut sama hubungan dari cinta dunia fana dan sementara ini”.
“Emang din, tapi kamu ak pernah jatuh cinta to?” tanyanya Anam padaku.
“Hah . . . emang aku gak normal apa? Kau kira aku belum pernah jatuh cinta? Kalau aku belum pernah jatuh cinta berarti aku gak normal dong. Nam Anam tanya kok nyeleneh”.
“Kalau gitu kan kau sudah tau bagaimana perasaan orang yang dilanda oleh cinta. Yang penuh dengan rasa rindu, cinta kasih dan ingin memiliki. Jadi kamu pernah jatuh cinta sama siapa? Hayo cerita ah!!” Anam agak mendesak aku dengan berbicara sambil senyum.
“Nam anam, emang sih jatuh cinta itu benar kayak gitu, tapi ya harus ada kontrolnya lah. Sehingga kasih maupun cinta yang kita miliki tidak melebihi cinta kita kepada Maha Pencipta Cinta alias Tuhan Yang Maha Kuasa yaitu Allah Subhanahu Wata’ala. Dan Ibnu Atthailah berkata tidak ada yang bisa mengusir syahwat atau kecintaan pada kesenangnn duniawi. Jadi aku menyimpulkan bahwa Cinta itu seperti hukum kekekalan massa yaitu bahwa menurut Muhammad Syaifuddin Cinta itu tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Jadi cinta tu fitrah dari diri seorang manusia, dan cinta adalah
9 Ya terserah kamu
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
pemberian dari Allah kepada manusia. Jadi cinta itu emang tidak dapat dimusnahkan.Ya to nam?” Jelasku pada Anam dengan nada agak halus.
“Yo yo, kok malah ceramah. Tanya ku tadi kan tentang kamu cinta ama siapa? Kok malah sampai kata ibnu Athailah. Gimana sih gak nyambung ae” gertak anam yang geregetan padaku.
“Ya emang aku pernah jatuh cinta pada seorang gadis yang mungkin aku anggap ia adalah seorang gadis sholehah. Bagaimana tidak? Lha wong ia dulu kalau sms pasti yang pertama yang ditanyakan adalah shalat, terus coba bayangkan ada seorang gadis yang bukan apa-apa ku bangunin aku jam tiga pagi untuk shalat tahajud. Lha wong orang tua ku saja kadang gak bangunin aku ae, lha ia yang bukan apa-apa ku malah bangunin aku. Gak hebat piye10? Yakin ow aku tu kagum banget sama dia. Tapi, kalau aku ingatin ia untuk shalat pasti sudah terlambat. Malah ia bilang “ aduh . . . kak jam segini baru ngasih tau shalat. Dah terlambat tau, aku tu udah sholat tadi”, makanya aku jarang mengingatkannya sholat. Soalnya kalau diingatin aku malah malu ae he . . .”
“Hayo ? sopo kuwi?11 Beritahu dong! Sekarang masih din?” tanya Anam sambil mengerjakan tugas.
“Halah ada lah, tapi sayang aku sekarang sudah jauh ama ia, gak tau dulu kenapa kok bisa jauh. Mungkin aku sudah gak sms an ama dia setelah aku di SMA 1 Blora. Tapi, kalau masalahnya kayaknya aku lupa. Eh . . mungkin karna nomernya dulu aku berikan kepada orang yang mungkin mencintainya. Tapi, mungkin ia tu tidak suka ama orang itu. Terus, ia ganti kartu dan sampai sekarang gak ada hubungan yang pasti. Terus kemarin kabarnya ia minta nomor ku, tapi . . sampai sekarang tak ada juga sms dari ia yang masuk di hp ku. Gak tau kenapa.”
“Halah din . . din, tapi bener kamu mencintainya? Lha kalau gitu ya kamu telusuri dong nomernya. Minta ama temanmu atau siapa gitu kan bisa!!! Kalau aku sih seperti detektif cinta. Begitu datang, aku telusuri dan ku identifikasi dari
10 Gak hebat apa?
11 Siapa itu?
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
metode umum ke metode khusus atau secara ilmiah disebut juga dengan metode deduktif. Masak kamu gak bisa? Dan juga kalau kamu mau bermain cinta, kamu harus tau cara mainnya. Kalau kamu mau bermain cinta kok gak tau cara mainnya itu berbahaya. Tak hanya berbahaya tetapi sangat berbahaya. Menurut Khoirul Anam, walah . . . !! cinta itu ibarat api. Jika kau tau cara mainnya dan kegunaannya, maka api itu kan bermanfaat bagimu. Tetapi, jika engkau . . tidak mengetahui cara minnya dan salah memainkannya maka cinta atau ibarat api itu akan membakar kamu. Jadi, jangan sekali-kali kau bermain cinta jika kau tidak mengerti cara mainnya.” Katanya yang menurutku malah ia yang sekarang ceramah.
“Ya, aku mengerti. Tapi . . . bukannya kamu sudah punya pacar? Terus pacaran kamu yang kau anggap tahu cara mainnya itu gimana?”
“Ya, emang aku itu sudah punya pacar. Tapi aku bilang ama pacar ku bahwa ini bukanlah sebuah pacaran, tetapi ini merupakan sebuah ta’aruf. Dulunya sih ia tidak mengerti ta’aruf itu apa, tapi aku menjelaskannya ya bahwa ta’aruf itu saling mengenal tapi ya secara islam. Cara mainnya yaitu saling menjaga kesucian dan saling mendukung dalam amal kebaikan. Aku kasih tahu ya, bahwa sampai saat ini aku tu belum pernah menyentuh kulit pacarku sekalipun gak pernah. Lha wong ketemu aja yang sampai sekarang ini baru tiga kali ae. Apalagi ampe ciuman terus rangkulan dan yang lain-lain, idih her . . . gak berani aku. Dan itu kan kharam, karena ia bukan mukhrimku.”
“Sebenernya yang dijulukin Pak Kyai itu sekarang kamu apa aku ae? Kok sekarang yang ceramah malah kamu? Ganti pangkat yo?” sindirku sambil bercanda dan tetap mengerjakan soal akuntansi.
“Wis to santai, pangkat mu masih aman. Tapi tidak tau kalau beberapa bulan ke depan, he. . . . And aku kan juga ikut rohis, yaitu keorganisasian islam di SMA 1 Blora, berarti aku juga mempunyai tanggung jawab menyebarkan syiar-syiar islam.” Jawabnya tenang tanpa melihat aku, karena sibuk menghitung total aktiva dan pasiva yang tidak sama.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Walah omongane koyok kyai tenan ae.12 Ya terusin tu ceramah mu. Lanjutkan syiar agama mu. Dan jangan pernah kau lupakan tanggung jawab mu. Oke? Karena sesama manusia dan sesama muslim itu harus saling mengingatkan dan nasehat-menasehati. Dalam surat al ‘ashr ayat 2 sampai 3 di jelaskan bahwa “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”
“Ya tentulah, eh terus gimana kamu ama dia? Terus kenapa kamu sampai sekarang belum pacaran? Kenapa kamu nggak nembak ia? Terus namanya tu siapa ae? Anak mana? Orangnya cantik?” tanyanya berurutan sambil melihat aku dan menghentikan gerak tangannya.
“Duh . . . nam Anam, kamu tu tanya apa ngedril aku? Mana dulu yang harus aku jawab? Terus aku mau jawab gimana? Apakah pertanyaanmu harus aku jawab semua? Dan apakah pertanyaanmu bisa aku jawab semua?.” Tanya ku lagi dengan nada yang agak cepat.
“Ho yo . . . !! kamu juga begitu nok. Cet . . . halah din . . din, kamu tu juga nanya apa kebut-kebutan. Hayo sopo sing menang sik?13 Yang penting yang bisa menang duluan yang kau jawab duluan atau yang bisa kamu ajak gabung n kerja sama juga boleh. Dan yang belum bisa kamu jawab atau tidak mau kamu jawab ya di jawab nanti gak masalah. Santai lah din, ojo grusa grusu. Tanyalah satu-satu dan jawablah satu-satu. Jangan grudukan atau kroyoan. Karena Allah tidak menyukai orang yang grusa-grusu.”
“Injih mbah kayu, saya bersedia menjawab yang Insya Allah semua akan ku jawab kepada anda mbah KAYU, jika aku bisa menjawab.”jawabku yang sekarang dengan nada pelan karena menuruti perintah Anam.
12 Walah bicaranya seperti kyai beneran.
13 Hayo, siapa yang menang duluan?
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Lho . . . kok mbah kayu sih? Emang aku seperti kakek-kakek ya? Yang seperti kayu yang rapuh di makan rayap? Tapi aku gak di makan rayap tu. Malahan rayap yang akan aku makan. Ha. . . . “ jawab ia bercanda.
“Halah halah, mbah KAYU tu artinya Mbah Kyai baryuuu . . ., ha. . . . , dia menurutku tu bukan cantik tapi anggun. Kamu udah tau kan perbedaan antara cantik ama anggun?” jawabku yang saat itu sambil bercanda dan terus mengerjakan tugas, walaupun sering kali berhenti untuk bercanda.
“Halah cet . . ., ya lah tau, e . . . anggun? Emang beda ya cantik ama anggun?”
“Halah halah ngono ok ngerti.14 Kalau cantik ya cantik, tapi kalau anggun itu cantik dan akhlaknya juga baik serta lembut. Gitu.”
“Ya ya, terus?”
“Ya emang pernah aku mencintainya tapi dulu tidak begitu kurasakan seperti kini. Hati ini berasa mencintainya ketika terakhir bertemu dengannya. Dan saat aku bertemu dengannya aku melihatnya tersipu malu dengan pipi kemerahan dan wajah serta tubuh yang putih mempesona. Sebenanya tu kemarin saat aku melihatnya tu malah bertanya-tanya kenapa ia tu melihat aku kok sampai pipinya kemerah-merahan. Tapi, di sisi lain ia kelihatan imut-imut dan seakan malu-malu ketika melihat aku. Dan betapa imutnya dan anggunnya ia pada waktu itu.” Jawabku sambil mengingat ketika bertemu dengannya ketika aku sowan ke SMP.
“Kapan kamu terakhir bertemu dengannya?” tanya Anam
“Eh . . . Gurunya udah datang tu. Nanti aku ceritain lagi.” Jawabku pada Anam kemudian diam dan mengerjakan tugas akuntansi lagi.
Ternyata benar, pembicaraan dapat mengalihkan segalanya, termasuk pelajaran. Dan ketika dibahas bersama hasil aktiva dan pasiva kami tidak sama. Padahal seharusnya hasil aktiva dengan pasiva itu sama. Kesalahan kami yaitu terletak pada akumulasi penyusutan. Sebenarnya dalam neraca aktiva pada
14 Halah halah gitu kok bilang tau.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
aktiva tetap, akumulasi penyusutan itu dikurangi. Tapi, aku sama Anam malah di tambahkan, ya hasil akhirnya salah kaprah. Terbukti to bahwa akuntansi adalah seni menulis dan menghitung yang membutuhkan ketelitian extra tinggi.
Jam ketrampilan berakhir dan kini saatnya kami mempelajari pelajaran kimia. Pelajaran kimia merupakan salah satu pelajaran yang aku sukai. Di dalam kimia terdapat fenomena-fenomena alam yang dapat aku petik dan aku manfaatkan. Disamping dapat memetik hasilnya, dalam mempelajari ilmu tersebut dapat menambah kekagumanku kepada Allah tuhan dari segala pencipta. Coba bayangkan ia menciptakan suatu zat dari partikel-partikel yang sangat kecil. Bahkan bisa di katakan sangat-sangat kecil. Partikel yang sangat kecil itu disebut dengan atom. Dan yang kecil itu merupakan faktor utama penyusun suatu zat. Dari sisi itu aku mendapatkan suatu hikmah bahwa suatu perkara yang besar didasari pada suatu perkara yang sangat kecil. Ya seperti atom penyusun zat tadi. Pelajaran kimia kali ini akan membahas tentang elektrolit. Kemudian aku betanya pada guru kimia yang masih muda nan cantik itu :
“Bu, larutan garam, asam kuat dan basa kuat itu kan termasuk elektrolit kuat. Berarti bisa menghantarkan arus listrik?”
“Ya to din, semua elektrolit kuat itu dapat menghantarkan arus listrik.” Jawabnya.
“Lha kalau larutan HCl atau biasa kita sebut garam dapur. Apakah larutan atau cairan itu dapat menghantarkan arus listrik?”
“Ya tentulah. Kan garam dapur termasuk kedalam salah satu garam yang mudah larut dan dan garam yang mudah larut termasuk salah satu larutan elektrolit kuat. Ya berarti ia dapat menghantarkan arus listrik. Di antara larutan yang dapat menghantarkan arus listrik atau larutan elektrolit kuat antara lain asam kuat, basa kuat dan garam mudah larut. Semua larutan yang termasuk
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
dalam larutan tadi berarti larutan tersebut termasuk elektrolit kuat dan mudah untuk menghantarkan arus listrik. Dunung din?15”
“Lha kalau gitu hem . . . . , kenapa gak membuat kabel dari larutan HCl bu? Bukankan itu dapat menghantarkan arus listrik? Dan juga dapat memimalisir biaya untuk bahan baku” tanya ku diplomatis.
“Ya buat aja sendiri jika kamu bisa. Tapi kalau pakai larutan itu banyak kelamahannya. Misal bocor, terus kalau kesetrum semua yang tanggung jawab siapa? Kamu din?” jawab bu widya yang mengajar mapel kimia itu santai sambil tersenyum.
“O . . . . ya udah bu makasih.” Kemudian aku mencatat dan meringkas apa yang telah diterangkan Bu Widya tadi.
Dalam pelajaran yang mata semua siswa tertuju kepada pelajaran yang di ajarkan Bu Widya, aku sama Anam malah asyik mengobrol tentang rencanaku besuk kalau bisa menciptakan kabel dengan larutan HCl. Jika memang bisa, maka dana untuk pembuatanpun semakin menurun. Tak hanya itu aku juga selalu menceritakan kepada Anam tentang percobaan ku untuk membuat roket tenaga karbon dan listrik dari 4 elemen. Untuk roket ini dan listrik dari 4 elemen ini akan aku ceritakan nanti.
* * * * *
Bel istirahat pun berbunyi. Pelajaran kimia mulai diakhiri Bu Widya dengan mengucapkan salam. Kemudian Bu Widya keluar dengan membawa 3 buah buku. Yaitu buku paket kimia, daftar nilai dan yang satu lagi buku catatannya. Aku berjalan di belakangnya bersama dengan Anam. Kemudian aku bertanya tentang bagaimana menciptakan energi alternatif dari limbah kulit jeruk. Dan soal jeruk ini akan aku ceritakan nanti juga. Santai sobat, pasti akan aku ceritakan.
15 Mengerti din?
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Dalam waktu istirahat yang relatif singkat, dan juga dari banyaknya murid yang masuk ke kantin, akhirnya aku mengurungkan niat ku untuk jajan ke kantin. Memang benar bahwa kantin merupakan tempat terfavorit para siswa. Banyak sekali siswa yang ke kantin walaupun berjubelan tetap ikut antri membeli. Coba kalian lihat di perpustakaan, dan di Mushlollah pasti kalah ramainya dengan kantin. Tapi inilah sosok siswa Indonesia.
Akhirnya aku dan Anam memutuskan untuk pergi ke Mushola. Walapun agak sepi, tapi alhamdulillah masih ada diantara para siswa yang masih mau menunaikan sholat sunah dhuha. Aku dan Anam sudah sholat dhuha tadi pagi, dan akhirnya kami baca-baca buku yang ada di dalam musholla. Di dalam musholla terdapat perpustakaan yang di kelola oleh bidang ta’mir organisasi ROHIS.
Di dalam musholla aku membaca buku tentang Jabir Ibnu Hayyan, ia adalah ahli kimia nya orang muslim. Ia tinggal di Bagdad Irak. Ia menemukan cairan emas atau biasa disebut air raja. Dan ia juga mengemukakan hukum atom seribu tahun sebelum hukum itu dipublikasikan atau dikemukakan oleh John dalton. Dan ia juga menemukan timbangan angin, yang saat ini menjadi dasar pembuatan neraca yang bertangkai dua. Yang lebih hebat lagi dari ceritanya yaitu bahwa ia tidak pernah yang namanya putus asa, walaupun dera siksa kehidupan yang menimpanya. Dan lagi ia menciptakan peralatan kimianya sendiri dengan barang-barang apa adanya. Oleh karena itu aku berkeinginan meneruskan perjuangannya, dengan menjadi ahli kimia dari Blora.
“Din . . . din? “Anam memanggil aku.
“Ada apa gerangan engkau mamanggil aku? Apa yang dapat Sayfuddin bantu untuk dirimu hay sobat?” Jawab ku dengan nada yang lemah sambil bergurau.
“Oh kamu itu din, sok-sok bijaksana dan penuh puitis. Kayak pujangga yang mencari cinta. Tapi gak dapet-dapet. Aduh duh kacian . . . ! semoga cintamu bukan termasuk cinta buta.”
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Lho kok gitu? Emang cinta buta kenapa ae?”
“Kalau cinta buta itu gak enak. Gelap !”
“Kok bisa?” tanya ku agak penasaran.
“Ya gak mau gelap gimana ae? Kan buta? Lha orang buta aja gak bisa melihat indahnya dunia, apalagi kalau cinta. Katamu sebenarnya cinta itu fitrah dan penuh dengan pesona, jika cintanya gelap gak ada pemandangan apakah enak? Apakah nikmat?”
“Ow . . . yo yo nam, insya Allah cinta ku ini bukan termasuk ke dalam cinta yang buta itu. Dan insya allah cintaku ini malah termasuk cinta yang bermanfaat.
“Emang ada ya cinta yang bermanfaat? Dan cinta yang bermanfaat itu kayak gimana?” tanya Anam sambil tengkurap dan membaca buku.
“Ya . . . ada, kata ibnu Qoiyum cinta itu di bagi menjadi dua, yaitu cinta atau muhabbah yang bermanfaat dan cinta atau muhabbah yang membahayakan. Yang bermanfaat dulu atau yang membahayakan? Membahayakan dulu ya?” pintaku.
“Yo wis, terserahmu lah.”16
“Kata Syaifuddin yang bersumber dari Ibnu Qoyyum, cinta atau muhabbah yang membahayakan yaitu satu muhabbah atau cinta melebihi cintanya kepada Allah. Jadi misal ada orang yang mengaku mencintai seseorang melebihi apapun, itu termassuk kedalam cinta yang membahayakan. Kemudian kedua, cinta kepada larangan Allah. Maksudnya, misal ada sepasang kekasih kok ia sukai dibelai bahkan suka dicium oleh kekasihnya, padahal hal yang demikian itu kan hal yang termasuk larangan Allah. Dan cinta yang demikian merupakan cinta yang membahayakan,cinta itu sangat-sangat berbahaya. Terus ketiga cinta yang bisa memangkas cinta kita kepada Allah. Jadi jika kita mencintai seseorang kok ketaatan kita kepada Allah berkurang, berarti cinta itu telah bisa memangkas cintanya kepada Allah. Ya contohnya jika kamu smsan ama pacarmu dan lupa
16 Ya udah, terserah kamu lah.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
waktu sholat. Ha itu termasuk cinta yang membahayakan.” Jelasku panjang lebar.
“Lho . . . kok aku sih din? Kalau aku insya allah ya gak mungkinlah. Kamu tau gak aku tu malah jarang smsan ama pacarku. Aku ini sudah tiga hari gak smsan ama dia. Walaupun ia sms, gak pernah aku bales.”
“Gak kasihan apa? Emang kenapa ae, gak punya pulsa? He he he he . . kalau gak punya, bilang aku dong!” tanyaku sambil bergurau.
“Bukannya gitu din! Tapi sebelum aku berpacaran dengannya, aku tu sudah bilang bahwa suatu saat nanti kesetian dan cintanya akan ku uji. Lha aku uji kesetiannya dan cintanya, gimana ia sabar untuk menanti sms yang tak terbalas-balas, selain sebenarnya aku tu gak punya pulsa. Oh aku minta pulsa ah din, aku gak punya pulsa ae.” Jawabnya yang kemudian menatap padaku.
“Lho kok mintanya ke aku? Emang aku conter pulsa apa?”
“Lha kakatamu tadi jika aku tak punya pulsa, suruh bilang?”
“Ya udah . . . .” jawabku diplomatis.
“Bener din? Aku mau kau belilin pulsa?” jawabnya, yang kemudian ia mulai duduk.
“Yang mau belikan pulsa kamu ya siapa to nam . . . nam.”
“Lho kok gitu? Katanya kalau gak punya pulsa suruh bilang?”
“Aku suruh apa? Cuma suruh bilang tok kan. Kan kamu udah bilang, ya udah. He . . . .” jawabku sambil tertawa.
“Din din, tak kira beneran, lha terus nasib pulsa ku ini gimana?”
“Ya beli di conter pulsa lah. Ha. . . .” jawabku sambil tersenyum melihat mukanya yang melas.
“Uh kamu tu din, kalau gitu ak aku gak minta kamu. Eh ya,lha kalau cinta yang yang bermanfaat itu yang gimana?
“Oh ya, menurut syaifuddin yang bersumber dari Ibnu Qoyyum bahwa muhabbah yang bermanfaat yaitu satu, muhabbatullah atau cinta kepada Allah. Kalau dalam hal ini gak usah ditanya, itu sudah pasti bermanfaat. Kemudian
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
muhabbah fillah atau cinta karena Allah. Jika kamu mencintai seseorang karena Allah dan untuk mencapai ridhonya, maka cinta itu termasuk ke dalam cinta yang bermanfaat. Dan yang ketiga yaitu muhabbah yang bisa menambah keta’atan kita kepada Allah.” Jelasku pada rizal soal muhabbah yang di kemukakan oleh Ibnu Qoyyum.
“Lha terus yang kamu maksud cintamu kepada ia bermanfaat itu yang kayak gimana?”
“Mungkin dan insya Allah cinta ku kepadanya termasuk bermanfaat. Aku mencintainya kerena Allah. Dan ia telah membantuku untuk menmbah keta’atanku kepada Allah. Kan tadi udah aku ceritain setiap ia sms pasti mengingatkan sholat dan bahkan ia juga mengingatkan untuk sholat malam. Jadi yang semula sholat tidak on-time jadi on-time, yang tadinya jarang sholat malam, jadi sregep dan yang semula jarang belajar sekarang setiap malam belajar. Itu kan termasuk cinta yang bermanfaat?”
“Ya ya,” Kemudian Anam bertaanya “kemudian langkah kamu kedepan gimana? Apakah akan kamu tembak untuk kau jadikan pacarmu?”
“Tapi . . . sayang ae, sampai sekarang aku belum bisa mengungkapkan rasaku ini. Gak tau kenapa. Kan aku dah bilang aku tu takut ama cinta yang sementara. Dan mungkin aku berjanji bahwa cinta ku dan keharuman tubuhku yang masih suci ini akan hanya aku persembahkan untuk pasangan hidup terakhirku nanti alias istri ku nanti. Dan aku telah meneliti bahwa cinta remaja itu tidak pernah kekal. Kamu tau gak kenapa?”
“Mok di enggo dolanan tok yo? Eh . . . embuh lah.”17 Jawab rizal menebak-nebak.
“Menurut survei yang dilakukan Muhammad Syaifuddin yang bersumber dari beberapa koresponden, nara sumber serta fakta-fakta yang terjadi, bahwa cinta remaja atau yang biasa kita kenal dengan cinta monyet itu hanya sementara. Karena remaja itu menuju kesempurnaan yaitu kedewasaan. Tak
17 Hanya Cuma digunakan untuk bermain ya? Eh gak tau lah.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
hanya dirinya tapi juga cinta yang ada di dalam dirinya, dan cintanya itu masih menuju kesempurnaan. Jadi jika misal dalam perjalanan kehidupan ke depan yang masih panjang kok ia menemukan cinta yang lebih sempurna, maka ia akan meninggalkan cintanya yang lalu dan berpaling ke cintanya yang baru yang ia anggap lebih sempurna. Dan hal itu berangsur terus menerus hingga ia menemukan kesempurnaan cinta atau cinta yang sejati yaitu calon pendamping hidup alias suami atau istri. Ketika kita sudah tau begitu maka sebaiknya dari pada kita bermain cinta remaja yang fana dan sementara ini. Allah telah berfirman dalam surat An-nur ayat 31 bahwa ” Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” Jadi mending kita jaga nafsu kita, syahwat kita,pandangan kita, kesucian kita dan juga cinta kita. Nantikan hal ini tetap suci hingga kita menuju cinta yang sejati, cinta yang sempurna yaitu jenjang pernikahan. Tunjukkan pada istrimu bahwa kamu itu masih suci, baik raga, jiwa bahkan cinta mu.” Jelasku panjang lebar tentang survei yang aku lakukan.
“Ono opo iki?”18 tiba-tiba orang-orang yang berasal dari kakak kelas mengitariku.
“Itu ow kak membahas tentang kenapa cinta remaja itu sementara dan tidak pernah kekal.” Jawabku.
“Ow gitu ya dek?” kata salah satu dari mereka.
“Ya mas.”
“Kalau begitu aku setuju sama survei yang kamu lakukan.”
“Ya terimakasih.”
Bel masuk mulai berbunyi, dan kami kembalikan buku yang kami baca ke rak buku. Dan secara sepat kami menuju ke kelas. Yaitu ke kelas dibawah kelas
18 Ada apa ini?
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
dua belas IPA dan yang paling ujung dan pojok sendiri. Dan mungkin katanya yang paling angker sendiri.
* * * * *
Malam telah mulai hanyut dalam diri yang mulai resah dalam kerinduan. Tak tau mengapa hati ini terus resah sepanjang malam. Dera rindu mulai menghempas hati yang telah sunyi. Dan cinta yang dulu telah rapuh, kini mulai kembali bersemi. Ia adalah Ana Aida Fitria yang kini aku rindukan. Tak tau kenapa baru kali ini aku merasakan betapa gundah hati yang telah lama sunyi.
Sebenarnya rasaku ini telah lama ada sejak satu tahun yang lalu. Tapi tak begitu kurasakan sebagaimana yang kini benar-benar kurasakan. Rasaku ini mungkin mulai sejak kelas 9 SMP ketika itu aku baru kenal ia, dan ia baru kelas 7. Pada awalnya aku kenal ia itu gara-gara ejek-ejekan dan jodoh-jodohan. Aku tu di jodohkan dengan teman sekelasku olehnya. Tapi ketika ia aku jodohkan juga dengan teman sekelasnya, ia selau marah.
Saat itu aku di jodohin dia dengan teman akrabku yaitu Annisa. Dan aku kenal sama Ana Aida Fitria juga dari Annisa. Annisa lah yang mengenalkan ku dengannya. Annisa adalah sahabat akrabnya Ana. Katanya sabat nemu di jalan. Kemudian ia minta nomor hp ku dan ia duluan yang sms. Walaupun smsnya hadir lima hari setelah aku beri nomorku.
Ketika sms dengannya pasti ada unsur ejek-ejekan kalau tidak begitu ia malah bertanya kabarnya mbak Annisa padaku.
“Askum? Udh shlt lum? Ka’ gmn kbrnya mbk annisa?(assalamu’alaikum? Udah shalat? Kak gimana kabarnya mbak Annisa?)” sms nya pada ku.
“Emg aq cpN? Koq u tanyaN a5 aq?(emang aku siapanya? Kok kamu tanyanya sama aku?).
“Bknkh u tu k’kshnya? Pst tau donx?(bukankah kamu tu kekasihnya? Pasti tahu dong?).
Terus kemudian aku alihkan pembicaraannya dengan bertanya”Lha trz bgmn kbrN Ilham?(terus bagaimana kabarnya ilham?)”
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Bosen!!!!, msti oug cah iku (T_T).”(bosan, kok yang ditanyakan anak itu melulu)
Selalu begitu, dia itu selalu menjodohkan aku dengan Annisa, baik di sms maupun di sekolah. Tapi tak tahu kenapa, ketika aku menjodohkan ia dengan Ilham yang juga teman sekelasnya, ia malah tidak mau. Dalam sms kami itu fire dan blak-blakan walaupun kadang juga ada perasaan yang ditutupi. Tapi sebenarnya dulu itu menurutku kami itu sama-sama saling jatuh cinta. Tapi kami malu satu sama lain. Dan mungkin juga karena kami belum siap untuk menjalani jalinan cinta.
“Asalamu’aikum yang? Met Slat MGRB!! (assalamu,alaikum Yang19? Selamat shalat magrib)” aku sms ketika adzan magrib berkumandang.
Kemudian ia langsung jawab “Yang? Maksudnya?”
“Maksudku, dik Fitri YANG masih muda.” Jawabku mengalihkan perhatian karena malu-malu. Aku memanggilnya Fitri, tetapi teman-temannya memanggilnya Ana. Dan ketika orang bertanya soal Ana aku malah tidak tahu, dan yang aku kenal bahwa ia itu namanya Fitri.
“Ow, tk kira . . . . .!!(ow, tak kira)”
“U kr ap dik? (kamu kira apa dik?)” tanyaku balik yang agak penasaran.
“Gx koq, gax pa2, yo shlt magrib dl. Jgn lp ngj lho!(gak kok, gak apa-apa, yo sholat magrib dulu. Jangn lupa ngaji lho!)”
“Ea udh lw bg2, assalamu’alaikum Yang? (ya udah kalau begitu, assalamu’alaikum yang)” jawabku kemudian.
“Koq Yang lg?, wa’alaikum salam Yang” jawab ia dengan ikut-ikutan menyebut Yang.
Begitu jika kami itu menutupi perasaan ini. Aku salut sekali sama ia, karna ia tidak sms antara waktu habis Isya’ sampai jam setengah sepuluhan. Dan ia biasanya sms sehabis isya’ hanya untuk mengingatkan belajar. Kalau udah jam sembilan atau setengah sepuluh ia baru sms lagi. Biasanya smsnya Cuma untuk
19 Yang bisa juga di artikan Sayang.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
mengingatkan sebelum tidur berdoa. Tapi kadang di sinilah kami kami bergurau dan saling perhatian. Walaupun itu tidak begitu kami rasakan sebagai sebuah perhatian.
“Assalamu’alaikum. Good night ^_^ met malem, met tidur. Jangan lupa berdoa.” Smsnya pada ku, masuk sekitar jam sepuluh kurang lima belas menit.
“Wa’alaikum salam dik, ya u jg, jngn lp berdoa + jngn lp berdoa bertemu aq dlm mimpi. Met mimpiin aq, he . . . . . (wa’alaikum salam dik, ya kamu juga, jangan lupa berdoa plus jangan lupa berdoa bertemu aku dalam mimpi. Selamat mimpiin aku, he. . )
“Emm, mmpin u ka’???, krg kerjaan aj dech. Mndng ka”k ja yg mimpiin aq, he. . . .  (emm, mimpiin kamu kak, kurang kerjaan aja deh. Mending kakak saja yang mimpiin aku, he . . )” balesnya.
Begitulah kami saling perhatian, walaupun tidak kami rasakan bahwa itu adalah sebuah perhatian. Tak hanya itu perhatiannya, tapi ketika fajar hampir tiba atau sepertiga malam terakhir ia juga membangunin aku untuk sholat tahjjud.
“Assalamu’alaikum, kak2 bangun kak. Yo sholat malem, ayo bgn. 4JJ1 akn mngjbhi doa org yg berdoa d’sprtg mlm terakhir.(assalamu’alaikum, kak-kak bangun kak. Yo sholat malem, ayo bangun. Allah akan menghijabahahi doa orang yang berdoa di sepertiga malam terakhir)” smsnya ketika mengingatkan aku untuk sholat malam. Dalam hati, aku tambah salut sama ia. Coba bayangkan orang tua ku saja kadang tidak membangunkan aku untuk sholat malam. Tapi ia yang bukan apa-apaku malah rela meluangkan waktu tidurnya untuk membangunkan aku. Jarang aku menemukan wanita yang seperti ini. Ia adalah wanita pertama yang membangunkan aku untuk sholat malam selain ibuku.
“Wa’alaikum salam dik, mksh udh bngin aq. Aq tu udh bgn dr td.(wa’alaikum salam dik, makasih udah bangunin aku. Aku tu udah bangun dari tadi” jawabku yang ketika itu aku sudah hampir selesai sholat atau pada waktu itu aku sedang berdzikir.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Ya udh lw g2, aq tak tdr lg . . . . (ya sudah kalau begitu aku tak tidur lagi)”
“Lho koq tdr lg? E5ng udh shlt? (lho kok tidur lagi? Emang udah sholat?)”
“Gax ka’, aq lg udzur(nggak kak, aku lagi udzur)”
“Ow, ya dah lw g2, trm kash ats perhtiannya, met tdr lg. . . . ., jgn lp berdoa( ow, ya udah kalau beegitu, terima kasih atas perhatiannya, selamat tidur lagi tidur lagi . . . jangan lupa berdoa )”
“Ya ka’, wassalamu’alaikum”
“Wa’alaikum salam warohmatullah”
Walaupun ia dalam keadaan udzur, ia tetap membangunkan aku untuk sholat malam. Kemudian aku ingat lagi oleh secerpih kertas yang ia selipkan di dalam buku ku. Waktu itu buku ku di pinjam olehnya karna ia mau lomba. Dan waktu di kembalikan ada secerpih kertas kecil yang bertuliskan “makasih atas bukunya, dari adik mu yang terjelek Ana Aida Fitria” dan juga ada gambar-gambarnya yang lucu. Kertas itu aku temukan tiga hari setelah ia kembalikan.
* * * * *
Rindu terus menggema di hati. Batin terus rasakan rindu yang mulai candu. Baru aku rasakan rasa yang begitu mendalam dalam hati. Keresahan kini mulai kurasa di setiap waktu, padahal aku tak pernah bertemu dengannya. Dan akhirnya sms yang aku nantikan pun datang. Sms itu masuk sekitar pukul setengah sepuluh malam. Dan pada waktu itu aku sudah terlelap dalam tidurku.
“Askum, gmn kbr’a maZ syAif? Dr adix u yg terjlx, Ana Aida Fitria.(Asalamu’alaikum, gimana kabarnya mas fyaif? Dari adik mu yang terjelek, Ana Aida Fitri)”
Dan smsnya baru aku balas besuk malamnya, karena aku belum memiliki pulsa. Aku jarang mengisi pulsa karena jarang ada sms yang mengisi hp ku. Jadi hp sepi dan aku biarkan hp ku tergeletak. Sudah lama hp ku sepi tanpa sms.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Mungkin sejak ia sudah tidak sms lagi dengan ku dan hp ku mulai sepi, begitupun dengan hati ini. Yang sepi, letih tanpa ada yang menemani.
“Wa’alaikum salam warohmatullah, kbr q bikhori walkhamdulillah, lha u? Lho nak umat koq manggil MaZ?(wa’alaikum salam warohmatullah, kabarku bikhoiri walkhamdulillah, lha kamu? Lho nak umat kok manggilnya Maz?”
“Ea kbr q baik jg, biar bz d’knang aja maZ, (ya kabarku baik juga, biar bisa di kenang aja mas)”jawabnya.
“Ha . . .!!! biar biza di KENANG?” jawabku penasaran.
Tapi sayang, sms ku itu tidak ia balas. Kemudian dari sms itu hati ku mulai kacau. Hati ku ini mulai tak karuan tentang apa yang kurasakan kini padanya. Disetiap waktu aku terus memikirkan dan rindu itu terus masuk kedalam jiwa dan seolah menggoreskan tinta tentang cinta yang mendalam dan melebur di diri yang telah sunyi. Aku mencoba untuk membolak-balikan hati, tapi itu sangatlah sulit. Apalagi aku mendengar kabar dari beberapa temanku bahwa ia telah dekat sama seseorang. Betapa hatiku gundah gulana waktu itu, tapi rasa cinta dan rindu yang mendalam tidak bisa ku lepaskan di diri yang telah candu. Dan kemudian aku merasa bersalah dan di malam hari aku berdoa.
Tuhan . . .
Saat aku menyukai seorang teman
Ingatkanlah aku bahwa akan ada sebuah akhir
Sehingga aku tetap bersama yang tak pernah berakhir
Tuhan . . .
Ketika aku merindukan seorang kasih
Rindukanlah aku kepada rindu cinta Sejati-Mu
Agar kerinduan terhadap-Mu semakin menjadi
Tuhan . . .
Jika aku hendak mencintai seseorang
Temukanlah aku dengan orang yang mencintai-Mu
Agar bertambah kuat cintaku pada-Mu
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Tuhan . . .
Ketika aku sedang jatuh cinta
Jagalah cinta itu
Agar tidak melebihi cintaku pada-Mu
Tuhan . . .
Ketika aku berucap aku cinta padamu
Biarkanlah kukatakan kepada yang hatinya tertaut pada-Mu
Agar aku tak jatuh dalam cinta yang bukan karena-Mu
Sebagaimana orang bijak berucap
Mencintai seseorang bukanlah apa-apa
Dicintai seseorang adalah sesuatu
Dicintai oleh orang yang kau cintai sangatlah berarti
Tapi dicintai oleh Sang Pencinta adalah Segalanya
Dan begitulah doaku ketika aku terlupa dan terlelap dalam rindu yang mulai candu dari diri yang sunyi. Sulit sekali aku mengalihkan rasa ini. Berat sekali aku menghilangkan rasa yang sudah menjerat batin dalam kerinduan. Kemudian aku teringat tentang ayat dari surat An-Nur ayat 24. Bahwa Allah telah berfirman “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). . .” Dari ayat tersebut aku dapat menyimpulkan jika kita adalah termasuk laki-laki atau wanita yang baik, maka kita akan mendapatkan jodoh yang baik pula. Maka dari itu aku sekarang lebih berniat untuk memperbaiki diri, agar nanti aku mendapatkan jodoh yang baik. Jadi untuk mendapatkan pasangan yang baik, maka diri kita dulu yang harus diperbaiki.
* * * * *
Aku jarang sekali sms sama Ana Aida Fitria. Hal itu karena setiap aku sms ia jarang untuk membalasnya. Dan hal itu yang membuatku semakin rindu di
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
dalam diri yang semakin sunyi. Dan dalam akhirnya aku tetap menunggu dalam penantian yang tiada pasti. Seperti pada lagu yang aku ciptakan untuknya.
Maafkalah . . .
Walau diri ini telah rapuh
Biarkanlah . . .
Hati ini tetap bersemi
Walau dalam penantian panjang
Yang tiada pasti
Tak hanya itu yang kuciptakan, tapi sudah banyak lagu yang aku ciptakan untuknya. Seperti lagu berikut, ku ciptakan ketika aku mendengar bahwa ia telah dekat dengan seseorang.
Yang dulu kucintai
Kini telah hilang dari sisi
Tak apa kau sayangi
Tapi hati ini tetap bersemi hoo uo . . .
Cinta pergi . . .
Dalam alunan . . .
Dan hati yang terdalam
Kini aku lepaskan dirimu
Hoo . . .
Beberapa minggu kemudian aku menemuinya, tapi hanya bertemu di facebook alias Cuma chatting. Dalam chatting itu kami bercanda seperti biasa. Tapi akhirnya aku menyangkutkan apa yang sedang aku pertanyakan dalam hati yang sedang penasaran ini.
“Assalamu’alaikum dik” aku chat ia pertama.
“Wa’alaikum salam mas”
“Gimana kabarnya?”
“Ow, bikhoiri walkhamdulillah maZ, lha u mAz?”
“Ow aku ya sama, , , ,”
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
“Sama apa?”
“Sama baiknya lah, sekarang masih menulis?” aku bertanya padanya karena ia itu adalah termasuk penulis cerpen.
“Ow, alhamdulilah masih maZ,”
“Eh, katanya kamu mau pergi ya? Kemana? Kok aku gak diajak?”
“Boleh aja kalau mau ikut maz, tapi busnya bayar sendiri lho!!”
“Beneran ni boleh? Ntar ada yang cemburu ni . . . . .”
“Emang yang cemburu capa?”
“Aku denger dari teman-teman, kamu tu lagi deket sama seseorang, iya ae?”
“Lagi dekat ama seseorang? Nggak tu maZ, masak ae?”
“Bener nggak?”
“Ya nggak oug, mungkin aku dekat ma orang ya banyak ae,”
“Hayo ama ciapa, masak sama Mas nya sendiri nggak di beritahu?
“Ada deh, mungkin sama orang tua , teman dan lain-lain . . . “
“Maksudku sama seorang laki2 . . . .”
“Kalau sama orang laki-laki sih ada . . .”
“Hayo siapa?” tanya ku penasaran sambil bercanda.
“He . . . . , kasih tau gak ya . . . .!”
“Halah masak tega ama aku? Masak tega ama maZ Syaif?”
“Enggak uih . . . “
“Maksudnya ?”
“Gak da maksudnya . . . he . . . “
“Bener gak ada?”
“Yakin lah, gak ada . . . “
“Ow ya udah , gak pulang ae dik? Hujan tu!!!” aku bertanya sama dia, pada waktu itu hujan sedang turun.
“Ow ya, ya udah aku tak pulang dulu, wassalamu’alaikum . . .”
“Wa’alaikum salam warohmatullah . . .”
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Sejak saat itu tidak tahu kenapa hatiku mulai tenang lagi. Walaupun masih ada rasa bahwa ia itu sudah tidak sendiri lagi, karena jika aku sms ia tidak pernah membalas. Dan di dalam hati ku malah berkata “mungkin ia tidak sms kamu agar kamu tidak menyesal bahwa ia sudah tidak sendiri lagi, jadi bersyukurlah karena Allah telah menjaga perasaan mu”. Ya begitulah suara hati nurani ku untuk selalu ber khusnudhon padanya. Karena dengan khusnudhon hati malah semakin tenang dan diri semakin dekat dengan Allah.
Kemudian aku teringat lagi tentang perumusan makna cinta. Makna ini juga aku simpulkan dari kejadian saat aku pertama jatuh cinta dengan nya dulu. Makna cinta menurutku, “Sesungguhnya cinta itu datang dari ketulusan hati dan kepekaan antar yang di cinta. Jadi walaupun dia tidak tahu tentang rasa kita, tetapi kita tulus dan dia peka terhadap rasa itu, maka dia pun akan merasakan rasa yang aku rasakan. Tapi, dia tidak percaya terhadap instingnya tersebut, padahal instingnya itu benar adanya.” Dan mungkin yang aku rasakan ini jika ia peka maka ia juga akan merasakan apa yang aku rasakan, tetapi ia tidak percaya terhadap insting atau perasaan hatinya itu.
Memang benar bahwa Cinta itu bagaikan hukum kekekalan massa. Bahwa hukum kekekalan cinta yaitu cinta iu tidak bisa diciptakan dan tidak bisa dimuskanahkan. Dan yang kini kurasakan adalah cinta dan rindu yang tak ku undang dan aku ingin menghilangkannya dari diri ini, tapi amatlah sulit aku memusnahkan rindu yang telah menjadi candu.
Dan memang benar kata Ibnu Athoillah. Beliau berkata “la yukhrij asy syahwata illa khaufun muz’ijun aw syauqun muqliqun!” Artinya tidak ada yang bisa mengusir syahwat atau kecintaan pada kesenangnn duniawi selain rasa takut Allah yang menggetarkan hati, atau rasa rindu kepada Allah yang membuat hati merana!” ya memang benar manusia itu tidak bisa melepaskan kecintaan dan kesenangan duniawi. Manusia hanya bisa menaikkan atau menurunkannya. Dan salah satu cara yang paling jitu untuk menurunkan syahwatkepada kesenangan duniawi yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Jika rasa cinta kita kepada Allah yang luar biasa yang bisa menggetarkan hati. Sehingga ketika yang ada di hati kita adalah Allah, yang lain dengan sendirinya menjadi kecil dan terusir. Dan jika kit merasa merana karena rindu kepada Allah, kita tidak mungkin merana karena rindu pada yang lain. Jika kita sudah sibuk memikirkan Allah, kita tidak akan sibuk memikirkan yang lain. Tapi untuk mencapai itu semua sangatlah sulit. Dan akhirnya kini aku semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan terus berdzikir dan berdoa kepada Allah dan memohon ampunan Allah. Dan akhirnya sedikit demi sedikit rasa itu telah mulai luntur dari diri yang semula telah candu.
Walaupun tidak bisa sepenuhnya aku lupakan, tapi setidaknya aku telah bisa menurunkan hasrat cintaku ini kepadnya. Dan dari itu aku pun mulai bertanya-tanya kepada para manusia dan para remaja zaman sekarang “Mengapa manusia jika diduakan akan marah. Tetapi, berapa sering kita menduakan Allah, apakah Allah marah?. Berapa sering kita mencintai seseorang sepenuh hati. Tapi pernahkah kita mencintai Allah dan Rosul-Nya sepenuh hati? Kadang kita mau berkorban segalanya untuk orang yang kita cintai. Tapi, pernahkah kita berkorban sepenuh hati saja kepada Allah? Kadang kita merindukan orang hingga merana. Tapi, pernahkah kita merindukan Allah tuhan kita dan Muhammad Rosul kita walaupun sedikit?” Ya itulah kondisi masyarakat zaman sekarang yang sudah mulai melupakan Allah sebagai tuhannya dan Muhammad sebagai Rosulnya.
Dan akhirnya kuputuskan untuk tetap menanti hingga waktu yang tiada pasti. Dan ku biarkan cinta ini tetap menggema untuk memotivasi jiwa dan rindu ini tetap merajut walau tiada ujung. Karna aku tahu jika ia memang jodoh ku, maka bagaimanapun besuk ia pasti akan tetap menjadi milikku. Dan jika ia bukan merupakan jodoh ku maka aku tidak mau melukai batin ini, mengotori kesucian hatiku dan hatinya dan juga menyia-nyiakan cinta remaja yang fana dan sementara.
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
Dan aku menginginkan, rindu ini, jiwa ini kasih ini, dan cinta ini tetap utuh dan tetap suci. Dan itu semua akan aku persembahkan sepenuhnya kesucianku hanya kepada cinta sejatiku besuk alias istriku. Agar ia menikmati kesucian serta kaharuman tubuhku yang masih suci dan yang tidak terkotori oleh maksiat dari cinta yang membahayakan.
* * * * * * *
KISAH INI MERUPAKAN
Bagian kedua dari novel Inspirasi-Inspirasi Insting.
Untuk selanjutnya yaitu bagaiman perjuangan dan cita-cita Syaifuddin yang sangat tinggi dan semua orang yang menganggap bahwa cita-cita nya itu sangat tidak mungkin terwujud. Apakah yang di cita-citakan Syaifuddin? Dan bagaimana perjuangan Syaifuddin meraih cita-citanya?
Tak lupa, bagaimana kelanjutan dari kisah cintanya?
Tetap nantikan bagian selanjutnya yang akan terangkai dalam sebuah novel Inspirasi-Inspirasi Isting. Tetap nantikan.
Dan Mohon Doanya
IMAM HANAFI
Cerpen & novel
inspirasi-isnpirasi insting
By IMAM HANAFI
INSPIRASI-ISPIRASI INSTING
By IMAM HANAFI
BIODATA PENULIS
Nama : Imam Hanafi
Tempat ltg, lahir : Blora, 6 Maret 1995
Riwayat sekolah :
– Tk Pertiwi Sarimulyo
– SD Ngawen 4
– SMP 1 Ngawen
– SMA 1 Blora
– Madrasah Diniah Nurul Huda Sarimulyo
E-mail :
– Imam.imamhanafi@gmail.com
– Imamhanafi13@yahoo.co.id
– imamhanafi@ovi.com
facebook : http://www.facebook.com/imamhanafo
Web Site : http://www.imamhanafi.co.cc

Tinggalkan Balasan

