Kampung Budaya Jawa Sambong Blora


TEMPAT WISATA BERSEJARAH DI JAWA TENGAH

KABUPATEN BLORA

oleh Dinas Pariwisata Kab. Blora

NAMA OBYEK  :   Kampung Budaya Jawa Sambong

Kampung khas Jawa kelas menengah-atas ini terletak di Desa Sambong, Kecamatan Sambong, kurang lebih 2 km dari jalan raya Blora-Cepu.  Konon desa ini memiliki sesepuh yang bernama Mbah Honggomoyo, yang diyakini sebagai salah seorang prajurit Pangeran Diponegoro pada masa Perang Jawa di tahun 1830-an.  Ia merupakan pelarian dari Kraton Yogyakarta, yang kemudian menetap di daerah Sambong. Ia memperoleh tanah di kawasan tersebut, karena dianggap berhasil mengatasi huru-hara yang terjadi di Blora pada masa  itu. Makam Mbah Honggomoyo inilah yang dijadikan punden yang sangat dihormati dan digunakan sebagai lokasi Bersih Desa di desa ini.

Kampung ini juga memiliki tokoh lain, yaitu Sandiman sebuah trah yang menurunkan hubungan kekerabatan yang sangat erat, melalui keempat anaknya, diantaranya Marto, Senggik, dan Sagi. Dimana ketiga mewarisi tanah dan rumah di ketiga lorong yang berbeda yang ada pada saat ini.  Dengan ketekunan dan wibawa yang dimiliki, ketiganya berhasil mewariskan sifat ke-priyayian-an para leluhurnya, sehingga kampung ini memiliki karakter yang sangat unik, kuat dan dihormati oleh desa lain di sekitarnya.  Di salah satu gang yang ada saat ini, yaitu di Gang Sapan Kasanrejo, terdapat deretan rumah tradisional Jawa yang sangat terjaga keaslian, keteraturan, dan keasriannya dengan pohon peneduh yang teratur ditanam.

Dengan pintu gerbang berbentuk pos ronda yang sangat artistik, salah satu rumah yang paling menonjol adalah milik Sapan Kasanrejo, bekas Lurah Desa Sambong.  Dengan tiga bangunan joglo yang disatukan, memiliki perabot mebel, rumah tangga, maupun gamelan yang merupakan aset turun temurun yang terjaga keutuhan, kelestarian dan kemanfaatannya hingga hari ini. Dengan letak yang dekat dengan kawasan Ledok sebagai kawasan eksplorasi minyak pertama di Blora, yang memungkinkan dilakukan wisata geologi dan perminyakan. Didukung dengan dilewatinya jalur Loko Tour dan cukup dekatnya dengan Pemandian Kedungpupur, menjadikan Kampung Sambong sebagai salah satu tujuan desa  wisata yang dapat diandalkan dan dikembangkan di masa depan.

2 thoughts on “Kampung Budaya Jawa Sambong Blora

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s