POTENSI GEOLOGI KAB. BLORA


 

MENGENAL POTENSI GEOLOGI

KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH

 

Oleh :

Danny  Z . Herman

Museum Geologi – Badan Geologi

 

Pendahuluan

            Untuk mengenal potensi geologi suatu wilayah diperlukan pemahaman tentang kondisi geologi wilayah tersebut. Secara geologi, seluruh wilayah Kabupaten Blora dibentuk oleh formasi-formasi batuan sedimen berumur Miosen (23 – 5 juta tahun y. l.) hingga Kwarter (1,8 juta tahun y.l. – sekarang) beserta struktur-struktur yang menyertainya. Beberapa formasi batuan sedimen tersebut dari yang berumur tertua hingga termuda dikenal sebagai berikut (Gambar 1. Peta Geologi Kabupaten Blora) :

Formasi Tawun terdiri atas batulempung pasiran bersisipan batupasir dan batugamping

●Formasi Ngarayong terdiri atas perselingan batupasir dan batulempung pasiran dengan sisipan batulempung karbonatan dan batugamping

●Formasi Bulu disusun oleh kalkarenit (batugamping klastik)

●Formasi Wonocolo disusun oleh napal bersisipan kalkarenit dan batulempung

●Formasi Ledok terdiri atas perselingan kalkarenit dan batulempung

●Formasi Kalibeng terdiri atas napal (lempung karbonatan) dengan setempat bersisipan batupasir tufan, tuf dan kalkarenit

●Formasi Paciran disusun oleh terumbu koral

●Formasi Mundu disusun oleh napal

●Formasi Selorejo terdiri atas batugamping, batulempung pasiran/gampingan

●Formasi Kerek terdiri atas perselingan batupasir, batulempung, tuf, napal dan batugamping

●Formasi Tambakromo disusun oleh batulempung, napal dan batugamping

●Formasi lidah disusun oleh batulempung dengan setempat sisipan batupasir dan batugamping

●Endapan undak terdiri atas batupasir dan konglomerat

●Aluvium terdiri atas lempung, lanau, pasir dan kerikil.

          Struktur-struktur geologi merupakan bentuk-bentuk fisik yang dihasilkan oleh kegiatan tektonik, terdiri atas perlipatan batuan dan sesar-sesar.

Potensi geologi

            Kondisi geologi suatu wilayah diartikan memiliki potensi positif apabila daripadanya menghasilkan sumber daya yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia. Terdapat beberapa formasi batuan sedimen di wilayah Kabupaten Blora yang berpotensi positif menghasilkan sumber daya geologi dan geowisata, di antaranya :

(1)  Formasi Bulu, Wonocolo dan Ledok merupakan tiga formasi yang berpotensi mengandung sumber daya minyak dan gas bumi; serupa dengan formasi-formasi batuan sedimen mengandung bahan galian dimaksud yang ditemukan di Blok Cepu. Dari 648 sumur minyak dan gas bumi tertinggal hasil eksplorasi oleh BPM pada tahun 1890, sejumlah 112 sumur masih diproduksi secara tradisional oleh masyarakat setempat. Daerah ini telah dimanfaatkan juga sebagai obyek geowisata.

(2)  Beberapa formasi batuan sedimen berpotensi mengandung sumber daya bahan galian industri (Gambar 2. Peta Potensi Sumber Daya Non Logam di Kabupaten Blora).

(3)  Formasi Ngrayong di Wilayah Kabupaten Blora berpotensi sebagai formasi pembawa batubara (Gambar 3).

(4)  Endapan undak di sepanjang aliran Bengawan Solo dalam wilayah Kabupaten Blora telah terbukti berpotensi sebagai tempat ditemukannya fosil-fosil vertebrata dan manusia purba.

(5)  Formasi batugamping dapat membentuk bentang alam karst dengan asosiasi goa-goa vertikal dan atau horizontal (dengan stalaktit dan stalagmit), dapat dijadikan obyek geowisata.

Sementara geologi suatu wilayah disebut berpotensi negatif apabila dari kondisi geologi tersebut dapat menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia. Proses perlipatan dan pensesaran terhadap formasi-formasi batuan dalam periode waktu panjang biasanya dapat membentuk bentang alam yang berpotensi menimbulkan bencana geologi. Tergantung kepada sifat fisik batuan, iklim dan proses-proses yang mempengaruhinya (pelapukan dan erosi), maka potensi bencana yang ditimbulkannya akan berbeda di setiap daerah.

Namun tidak semua struktur geologi dapat menimbulkan bencana, di antaranya struktur sesar dapat berperan penting sebagai faktor penunjang dalam pembentukan reservoir minyak dan gas di bawah permukaan bumi.

 

2 thoughts on “POTENSI GEOLOGI KAB. BLORA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s