Situs Hunian Pra-Sejarah Gua Kidang


 

NAMA OBYEK  :   Situs Hunian Pra-Sejarah Gua Kidang

FOTO TAMPAK DEPAN

FOTO TAMPAK SAMPING

gua kidang 2

FOTO TAMPAK BELAKANG

gua kidang blora 3

 

Gua ini terletak di di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Keletakan astronomis pada koordinat LS 06 57′ 43,1″- 111° 10′ 18″ BT sampai dengan LS 06° 58′ 25″ – 111° 12′ 09,2″ BT. Berdasar kajian geologis – geografis dan potensi arkeologis (baca: layak huni) kawasan karst Blora hanya Gua Kidang yang memenuhi persyaratan dan memiliki indikasi pemanfaatan gua sebagai hunian masa prasejarah berdasarkan kandungan tinggalan aktivitas manusia masa lampau. Morfologi kawasan ini umumnya berlereng landai hingga bergelombang sedang dengan kemiringan sekitar 1-13% berakibat sulitnya dijumpai gua-gua tebing. Gua-gua tebing merupakan gua yang cenderung menjadi gua hunian manusia prasejarah. Berdasarkan hasil survei sebaran gua kawasan perbukitan karst Kabupaten Blora sebagaimana telah diuraikan di atas, satu-satunya gua dari sisi layak huni adalah Gua Kidang. Lebih lanjut dapat diuraikan kajian geografis-geologis proses pembentukan Gua Kidang.

Gua Kidang berada pada morfologi wilayah bergelombang-berbukit (rolling hilly), dengan kemiringan ± 17%. Satuan morfologi ini memarijang arah baratdaya-timurlaut, dan dibatasi oleh dataran aluvial yang subur di sebelah sebtannya. Gua Kidang terbentuk akibat runtuhnya atap dari sebuah chamber besar sehingga menghasilkan lubang vertikal yang sangat besar. Kondisi ruangan Gua Kidang cukup luas dan terang, dengan sedimen yang tebal dan kering. Ruangan ini menghadap ke arah timur, yaitu ke sebuah lahan terbuka yang merupakan zona runtuhan, yang dikelilingi oleh dinding batugamping tegak. Di ujung timurlaut lubang vertikal dijumpai bekas lorong yang tertimbun sedimen dan runtuhan dinding, kemungkinan merupakan sisa channel bawah tanah. Pada jarak 80an meter ke arah baratdaya dijumpai lubang runtuhan lain yang dikenal sebagai Gua Barat. Sedangkan pada jarak 320an meter ke arah timurlaut, dijumpai lubang lain (Gua Manuk). Berdasarkan pengamatan terhadap orientasi punggungan bukit, pola sebaran mulut gua, dan kecenderungan arah sisa-sisa lorong bawah tanah yang ada, yang ketiganya sama-sama berorientasi baratdaya-timurlaut, ada kemungkinan bahwa ketiga gua ini (Gua Manuk, Gua Kidang, dan Gua Barat) merupakan satu sistem sungai bawah tanah yang sudah tidak aktif lagi. Ruangan terbesar yang tersingkap akibat runtuhnya atap channel kemudian dipakai sebagai lokasi hunian oleh manusia prasejarah.

Temuan artefak hasil ekskavasi Gua Kidang meliputi tembikar-porselin batuan (porbat/keramik) asing, mata uang logam (kepeng), artefak kerang dan artefak tulang. Artefak kerang meliputi serut, lancipan, serut-lancipan, dan manik-manik atau perhiasan, serta calon alat. Sedangkan alat dari tulang meliputi lancipan dan sudip.  Temuan artefak kerang seluruhnya merupakan temuan hasil ekskavasi. Adapun cangkang yang digunakan adalah klas pelecypoda dengan family veneridae, mactridae (habitat air laut dangkal), dan unionidae (habitat air tawar) dan klas gastropoda. Menarik, temuan artefak dari cangkang gastropoda, sebab selama ini artefak kerang umumnya dari cangkang klas pelecypoda. Selain itu, dari variasi jenis alat kerang ini tidak hanya berupa serut bulan sabit saja, namun juga berupa lancipan, dan jenis serut yang dikerjakan pada bagian lateral kanan dan kiri, serta ada juga serut berbentuk persegi dan serut bergerigi, Artefak kerang yang ditemukar dalam ekskavasi di Gua Kidang diklasifikasikan dalam beberapa bagian meliputi: calon alat, serut, lancipan, dan manik-manik.

 

 

 

Normal
0
false

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ansi-language:IN;
mso-fareast-language:IN;}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s