Patra Wisata Sumur Magung di Ledok, BLORA


TEMPAT WISATA BERSEJARAH DI JAWA TENGAH

KABUPATEN BLORA

NAMA OBYEK  :   Patra Wisata Sumur Magung di Ledok

Lokasi Sumur Magung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Magung berada pada koordinat 07° 04.245′ LS dan 111° 34.189′ BT dengan ketingginan 156 m dpi terletak di petak 4061e RPH Kejalen BKPH Ledok yang secara administratif masuk wilayah Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Jateng

Adat tahunan masyarakat desa Ledok dalam ritual sedekah bumi pada musim tanam usai atau saat warga desa telah melaksanakan penanaman jagung (Labuhan dalam bahasa Jawa ) yang jatuh pada bulan Nopember – Desember. Pelaksanaan sedekah bumi ini tidak lain adalah merupakan bentuk puji syukur masyarakat Desa Ledok kepada Allah SWT atas karuniaNya telah diberikan kesempatan untuk menanam jagung. Adapun wujud dari ritual ini berupa tumpeng dengan sayuran dan ay am bakar tanpa kue-kue. Yang hadir dalam upacara ini kebanyakan Ibu-ibu warga Desa Ledok yang jumlahnya mencapai ± 70 % dari total penduduk .

Adat tahunan dalam rangka “Ngalap Berkah” merupakan sebuah bentuk rasa syukur warga desa khususnya Penambang Minyak Sumur Tua yang mana telah diberikan kelancaran dalam menimba minyak dari sumur tua. Perlu diinformasikan bahwa penambang minyak ini sudah membentuk paguyuban dan sudah menjalin kerjasama dengan pihak Koperasi Pertamina. Wujud nyata dari perayaan ini adalah dengan menyembelih sapi untuk syukuran, akan tetapi ada kebiasaan yang unik yaitu kepala sapi dikuburkan disebelah punden dengan keyakinan untuk sesaji bagi penunggu sumur minyak. Pelaksanaan acara ini biasanya dilaksanakan pada bulan agustus setelah tanggal 17 sekaligus merayakan HUT kemerdekaan RI serta untuk mengingat jasa perjuangan Mbah Jati Kusumo.

Adat bulanan masyarakat dilaksanakan pada hari Jum’at Pahing tepatnya Kamis sore kira-kira jam 15.00 WIB s/d hari Jum’at pagi. Dengan bentuk ritual pelepasan nadar bagi warga yang memiliki keinginan yang sudah terkabulkan berupa tumpeng yang disesuaikan dengan nadar yang diucapkan. Nadar ini macam-macam ada yang minta kesembuhan, ada yang minta lulus sekolah, ada yang minta pekerjaan dan lain lain.

Latar Belakang Penetapan Situs Sumur Magung

Keberadaan situs ini diyakini sejak masa penjajahan Belanda kira-kira tahun 1901 dimana penjajah masuk pada wilayah Kabupaten Blora, kedatangan penjajah pada saat itu ditentang oleh warga dibawah pimpinan Ki Jati Kusumo, Beliau adalah seorang pejuang yang konon cerita hijrah ke arah utara tepatnya menuju Desa Janjang. Dalam perjalanannya sampai Desa Ledok’tepatnya di petak 406 le bertepatan dengan waktu sholat magrib, tongkat yang selalu dibawa Beliau ditancapkan ke dalam tanah selanjutnya menunaikan ibadah sholat magrib ditempat itu.

Setelah selesai menunaikan ibadah sholat magrib Beliau hendak melanjutkan perjalanannya lalu tongkat yang ditancapkan tadi dicabut, diluar dugaan bekas tongkat tadi mengeluarkan minyak mentah ( lantung : Jw), semenjak kejadian itu Ki Jati Kusumo percaya kalau kelak sekitar daerah ini ( yang sekarang dikenal dengan Sumur Magung / Mbah Magung ) akan menjadi tempat sandang pangan bagi anak cucu Beliau. Menurut informasi secara turun temurun sumber minyak Sumur Magung ini merupakan penemuan sumber minyak yang pertama di Indonesia. Sedangkan eksploitasi secara besar-besaran dilakukan oleh Bangsa Belanda pada waktu itu.

Karena besarnya potensi Sumur Magung ini masyarakatpun akhirnya mengagungkan sumur ini dan menganggap sumur ini keramat dan sampai saat ini keyakinan masyarakat Desa Ledok masih sangat kuat terbukti tempat ini masih rutin digunakan masyarakat untuk menyelenggarakan upacara adat istiadat sedekah bumi tepatnya bulan November-Desember dan tidak hanya itu tempat inipun sering digunakan untuk melaksanakan ritual memohon sesuatu yang sering diistilahkan ngalap berkah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s