Jadikanlah dirimu tempat yang serendah-rendahnya


Jadikanlah dirimu tempat yang serendah-rendahnya, agar semua aliran air mengalir padamu. Agar semua aliran ilmu dan kebaikan tercurah dan berkumpul padamu. Bukan menjadi tempat yang tinggi yang hanya dihuni oleh es yang dingin.

Ketika engkau menjadi rendah dan seluruh air menggenangi tempatmu, maka seluruh makhluk hidup akan mendatangimu. Ada katak yang ingin bereproduksi, ada hewan yang mencari minum, bahkan hingga para manusia yang ingin mandi.

Engkau akan menjadi tempat berkumpulnya orang karena ilmu yang telah berkumpul pada dirimu. Mereka akan menengguk mata airmu walau engkau tidak memanggilnya dan tidak memaksa ataupun menyuruhnya untuk ikut serta meminumnya.

Itulah kenapa kita perlu merendah, Dandelia. Apalagi ketika kita bisa merendah serendah-rendahnya hingga tidak ada lagi yang lebih rendah dari pada kita. Maka ketika ada orang yang merendahkan kita, itu tidaklah masalah.

Bagaimana mungkin orang lain merendahkan aku sedalam lembah sedangkan aku adalah lembahnya? Bagaimana mungkin orang menenggelamkanku sedalam laut, sedangkan aku adalah palungnya?

Jika kita telah rendah, maka tak ada masalah jika ada orang yang merendahkan kita, Dandelia. Kita tak akan marah, apa yang mau dimarahkan jika diri kita memang sejatinya rendah, Dandelia?

Oleh karena itulah kita bersujud, Dandelia. Sebagai tanda persaksian bahwa tidak ada kerendahan yang lebih rendah selain diri kita. Dan tidak ada sesuatu yang lebih tinggi dari diri kita kecuali Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s