Janganlah Engkau Mencari Keadilan : Dandelia


Dialah yang Maha Adil. Dan memang terbukti keadilannya. Keadilan itu telah ada, Dandelia. Janganlah engkau mencari keadilan. Karena segala yang digelarkan di hadapanmu adalah keadilan.

Terkadang sesuatu terlihat tidak adil, bukannya karena sesuatu tidak adil. Lebih karena kitanya yang belum menemukan keadilan yang ada di dalamnya. Demikian pula dengan kebaikan. Sesungguhnya di mata semesta agung, segalanya itu baik. Sesuatu itu terlihat tidak baik, bukannya sesuatu itu buruk. Lebih karena kita belum menemukan kebaikan di dalamnya. Atau keburukan itu hanyalah kebaikan yang belum menemukan tempat.

Jika cara berpikir kita semacam ini, kita akan dibukakan tabir-tabir kebaikan dari segala keburukan. Dan kita tidak akan mudah menghakimi sesuatu yang terlihat buruk. Mungkin saja itu bukan buruk, akan tetapi lebih karena kita belum mengetahui kebaikannya.

Dan semoga dengan cara berpikir kita semacam ini, kita akan terhindar dari segala prasangka. Karena memang perintah Tuhan untuk menghindari segala prasangka. Karena bisa jadi sesuatu yang terlihat buruk di matamu. Sebenarnya itu malah yang terbaik. Karena engkau tidak mengetahui di belakangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s